VISI

  1. Membentuk citra Perkumpulan yang konsisten dengan perjuangan rakyat Indonesia sesuai dengan cita-cita perjuangannya, dan sebagai Perkumpulan alternatif yang mampu menjawab tantangan dan permasalahan bangsa.
  2. Menegakkan, membela dan mengisi kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan Undang Undang Dasar 1945.
  3. Sebagai perpanjang tangan Pemerintah dalam memperjuangkan terlaksananya kesejahteraan rakyat dan mencerdaskan kehidupan bangsa, sehingga terwujud suatu masyarakat yang merdeka, bersatu, berdaulat, adil dan makmur.
  4. Memperjuangkan tegaknya kedaulatan lembaga perwakilan, kedaulatan hukum dan hak azasi manusia serta penyelenggaraan negara bebas dari korupsi, kolusi, nepotisme, manipulasi, otoriter, menuju terwujudnya pemerintahan yang bersih, adil dan berwibawa.
  5. Memperjuangkan tata Perkumpulan yang aman, damai dan sejahtera berdasarkan kebangsaan, kemerdekaan, kedaulatan, demokrasi Pancasila, perikemanusiaan dan keadilan sosial.

MISI

  1. Di Bidang Pengembangan Perkumpulan Kaderisasi dan Keanggotaan
    1. Memajukan peran dan program PEMUDA NKRI sebagai pengabdian kepada masyarakat, bangsa dan negara.
    2. Membangun iklim yang harmonis dan kondusif serta taat dan menjunjung tinggi aturan-aturan Organisasi.
    3. Menciptakan Kader-kader PEMUDA NKRI yang siap, profesional, kreatif, mandiri dan berjiwa Bela Bangsa dan Negara sehingga mampu untuk menjaga keutuhan NKRI dalam bentuk menjalankan kemerdekaan Republik Indonesia.
    4. Mengokohkan basis dan menguatkan eksistensi PEMUDA NEGARA KESATUAN REPUBLIK INDONESIA sebagai Perkumpulan yang mengakar, modern, maju, mandiri serta bermoral.
  1. Di Bidang Ketahanan Nasional, Ideologi dan Politik
    1. Melaksanakan Pancasila secara murni dan konsekuen sebagaimana yang tercatum dalam pembukaan UUD 1945.
    2. Merekatkan persatuan dan kesatuan bangsa Indonesia.
    3. Memupuk kesadaran dan penghayatan akan arti hakekat nusantara sebagai kesatuan politik, satu kesatuan ekonomi, satu kesatuan sosial-budaya dan satu kesatuan pertahanan keamanan.
    4. Melakukan pembinaan-pembinaan, penanaman pedoman penghayatan Pancasila kepada masyarakat untuk mewujudkan masyarakat yang benar-benar memahami makna Pancasila sebagai Dasar Negara Indonesia.
    5. Mengembalikan kecintaan Masyarakat Indonesia kepada Pancasila dan UUD 1945 sebagai Dasar Hukum Indonesia yang telah ditetapkan oleh pendiri Negara Indonesia.
    6. Mewujudkan Indonesia yang nyaman, aman, tentram dan damai.
    7. Mewujudkan pertahanan keamanan rakyat semesta.
  1. Di Bidang Ekonomi, Pengembangan Usaha dan Koperasi
    1. Membangun kedaulatan ekonomi masyarakat, bangsa dan negara.
    2. Mengangkat harkat dan martabat bangsa melalui pemberdayaan ekonomi rakyat.
    3. Melaksanakan pemantauan dan pengawasan terhadap perencanaan dan pelaksanaan pembangunan pada Provinsi, Kabupaten/Kota agar selalu memperiotaskan pengentasan kemiskinan, penciptaan lapangan kerja, pemerataan dan peningkatan kesejahteraan rakyat.
    4. Memfasilitasi upaya peningkatan keterampilan dan pengetahuan masyarakat tentang usaha kecil dan menengah ( UKM ) serta Koperasi dalam rangka peningkatan ekonomi masyarakat.
  1. Di Bidang Agama, Adat, Suku dan Etnis
    1. Membangun masyarakat Indonesia yang Religius, berbudi pekerti luhur, terampil dan cerdas.
    2. Memajukan kebudayaan daerah secara nasional.
    3. Membangun solidaritas dan kesetiakawanan nasioanal.
    4. Upaya penguatan Lembaga Kemasyarakatan, yaitu Lembaga-lembaga Masyarakat Adat yang telah eksis dan diakui legal standingnya dimata hukum positif formal yang berlaku di Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    5. Membagun etika moral dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.
  1. Di Bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan Hidup dan Pariwisata
    1. Mewujudkan Pembangunan Nasional yang berkelanjutan dan berwawasan alam dan lingkungan hidup.
    2. Menciptakan kesadaran alam dan lingkungan hidup dalam kehidupan masyarakat.
    3. Menciptakan keseimbangan alam dan lingkungan hidup.
    4. Mendukung Pemerintah dalam Pengelolaan Hasil Bumi Indonesia pada Sektor Pertanian, Perkebunan, Peternakan, Perikanan, Kelautan, Kehutanan dan Pertambangan serta Migas
    5. Mengawasi pencemaran lingkungan yang diakibatkan oleh limbah-limbah pabrik.
    6. Melaksanakan Reboisasi penghijauan yang bekerjasama dengan Pemerintah, baik tingkat Pusat maupun tingkat Daerah.
    7. Menciptakan daerah-daerah yang mampu untuk dijadikan sebagai potensi pariwisata serta turut bersama-sama menjaga kelestarian tempat-tempat pariwisata yang sudah ada.
  1. Di Bidang Hubungan dan Duta Luar Negeri
    1. Mendukung kesetaraan bangsa Indonesia dalam tatanan kehidupan Internasional ataupun era globalisasi.
    2. Mewujudkan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial.
    3. Membuka peluang seluasnya hubungan bisnis ekonomi untuk Anak Bangsa.
    4. Membuka Akses Duta Besar PEMUDA NKRI di seluruh dunia.
  1. Di Bidang Advokasi, Hukum, HAM
    1. Menjunjung tinggi kebenaran dan keadilan melalui penegakan supremasi hukum dan Hak Asasi Manusia.
    2. Mewujudkan kepastian dan keadilan hukum.
    3. Mewujudkan kepastian hak-hak warga negara
    4. Memberikan bantuan hukum kepada seluruh masyarakat tanpa membedakan derajat sosial, agama, keturunan, dan suku.

                                                                                     

  1. Di Bidang Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, Penelitian.
    1. Turut memantau dan mengawasi perkembangan dunia pendidikan di semua tingkatan pendidikan, baik yang bersifat pendidikan formal maupun yang bersifat keagamaan, seperti : Pendidikan Anak Usia Dini, Taman Kanak-kanak, Sekolah Dasar, Ibtidaiyah atau yang sederajatnya, Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama (SLTP), Tsanawiyah atau yang sederajatnya, Sekolah Lanjutan Tingkat Atas (SLTA), Sekolah Menengah Kejuruan (SMK), Aliyah atau yang sederajatnya, Universitas, Sekolah Tinggi dan/atau Institusi-institusi Pendidikan lainnya yang sederajat.
    2. Mendukung sepenuhnya Anak-anak bangsa yang memiliki potensi mencipta dalam Ilmu Pengetahuan, tekhnologi, Kesehatan serta Penelitian sehingga dapat diharapkan untuk menjadikan Negara kesatuan Republik Indonesia menjadi negara Produsen yang mampu menjadi negara pengekspor hasil tekhnologi.
  1. Di Bidang Pemberantasan Narkoba dan Pembinaan Pemuda.
    1. Membangun wadah-wadah rehabilitasi untuk generasi muda yang telah terkena bahaya Narkoba dan melakukan pembinaan – pembinaan semaksimal mungkin.
    2. Bersama Pemerintah, BNN, Polri, TNI, Lembaga-lembaga terkait dan Masyarakat memberantas peredaran Narkoba di wilayah teritorial Negara Kesatuan Republik Indonesia agar tercipta Indonesia Bersih Dari Narkoba.
    3. Mengawasi Pemerintah dalam masalah hukum bagi pengedar Narkoba sehingga hukum dinegara ini benar-benar dapat berjalan dengan sebaik-baiknya dan setegas-tegasnya.
    4. Mengawasi Oknum Pemerintah, Polri,TNI dan lembaga-lembaga yang terkait sebagai pembackup-pembackup bandar narkoba.
    5. Mendukung Pemerintah dalam memberikan hukuman seberat-beratnya bagi pengedar Narkoba dan sejenisnya sesuai dengan undang-undang yang berlaku.
    6. Memfasilitasi sarana dan prasarana bagi pemuda untuk menyalurkan kreativitas pemuda itu sendiri.
  1. Di Bidang Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak dan Kesehatan.
    1. Sebagai mitra pemerintah dalam pelaksanaan program-program kesehatan bagi Ibu dan Anak baik di puskesmas-puskesmas maupun rumah sakit.
    2. Ikut Membantu pemerintah dalam hal pendataan masyarakat untuk memiliki fasilitas pemerintah dalam hal bantuan kesehatan bagi masyarakat lemah seperti kartu sehat dan lain sebagainya.
    3. Mendukung pemerintah dalam melindungi hak – hak perempuan baik itu masalah hukum maupun pemberdayaan perempuan.
    4. Memfasilitasi kebutuhan anak baik untuk bermain, taman bacaan, serta pengenalan ilmu agama bagi anak.
    5. Sebagai Pengawasan terhadap Rumah sakit – rumah sakit yang tidak berpihak kepada masyarakat yang tidak mampu.
    6. Serta kinerja Rumah Sakit yang tidak maksimal.
  1. Di Bidang Pemuda, Mahasiswa dan Olahraga.
    1. Mendukung pemerintah dalam menciptakan sarana dan prasarana bagi kegiatan pemuda baik itu sarana olahraga maupun peralatan olahraga sehingga diharapakan mampu membentuk pemuda – pemuda yang kreatif, inovatif, mandiri.
    2. Membantu Mahasiswa atau pun masyarakat yang kurang mampu dalam memenuhi keinginan maupun kebutuhan dalam masalah perkuliahan, seperti beasiswa dan lain sebagainya agar mampu mencerdaskan kehidupan bangsa sesuai dengan tujuan dari pembukaan undang-undang dasar 1945.
  1. Di Bidang Seni Budaya, Sosial Dan SDM
    1. Melestarikan dan memperkenalkan kebudayaan daerah-daerah kepada Pemuda untuk mengimbangi kebudayaan luar yang mulai menjamur di Negara Kesatuan Republik Indonesia serta membentengi kebudayaan Indonesia agar tetap tertanam dalam kehidupan Anak bangsa kedepannya.
    2. Melindungi Hasil Karya Seni pengrajin Anak Bangsa agar memiliki nilai yang tinggi dan mampu mengimbangi karya-karya seni tingkat Internasional.
    3. Meningkatkan Sumber Daya Manusia dalam bidang Seni dan Budaya sehingga mampu menghasilkan karya-karya nyata yang dapat menjadi aset Bangsa.
    4. Memfasilitasi dan menyalurkan bakat-bakat dalam bidang seni yang dimiliki oleh pemuda selaku anak bangsa agar selalu dapat berkarya baik tingkat Nasional maupun Internasional.
  1. Di Bidang Pengembangan Wilayah Perbatasan, Hubungan Antar Lembaga Sipil,TNI & Polri.
    1. Ikut serta dalam menjaga wilayah perbatasan diseluruh perbatasan negara Republik Indonesia baik itu perbatasan laut maupun darat dan selalu bekerjasama dengan pihak TNI, Polri dan Pemerintahan terkait.
    2. Menjadi Mitra Pemerintah, TNI dan POLRI.
  1. Di Bidang Kesejahteraan Sosial Masyarakat.
    1. Sebagai perpanjangan tangan pemerintah dalam mensejahterakan Fakir miskin, Anak terlantar, Anak Cacat dan para Lansia agar kesejahteraannya dapat lebih meningkat.
    2. Membantu pemerintah dalam pendataan sekaligus membantu pemerintah dalam penyaluran bantuan yang tepat sasaran.
  1. Di Bidang Pengawasan Keuangan dan Aset Negara, dan Kependudukan.
    1. Mengawasi dan memantau dalam penanganan Pajak dan aset Negara lainnya.
    2. Membantu pemerintah dalam pendataan kependudukan.
  1. Di Bidang Tenaga Kerja Dan Industri
    1. Menciptakan Lapangan Pekerjaan yang lebih luas sehingga mampu membantu pemerintah dalam mengentaskan pengangguran.
    2. Menjalin kerjasama dengan Industri-industri dalam bidang membuka lapangan pekerjaan.
  1. Di Bidang Informasi, Komunikasi dan Telekomunikasi
    1. Sebagai Pusat Informasi yang mampu menyampaikan berita-berita tentang Negara Kesatuan Republik Indonesia.
    2. Menciptakan komunikasi yang baik untuk rakyat Indonesia. Meningkatkan jaringan telekomunikasi kewilayah pedesaan yang masih sulit terjangkau.
  1. Di Bidang Hubungan Antar Perusahaan Swasta, BUMN dan Instansi Pemerintah
    1. Menjalin kerjasama yang baik kepada Perusahaan Swasta, BUMN dan Instansi Pemerintah.
    2. Membantu Perusahaan swasta dan BUMN dalam segala bidang.
    3. Membantu perusahaan Swasta dan BUMN dalam pengendalian penyaluran CSR (Corporate Social Responsibility) tepat sasaran.
  1. Di Bidang Pemberdayaan Veteran dan Purnawirawan TNI/POLRI
    1. Membantu meningkatkan kesejahteraan para Veteran dan Purnawiran TNI / POLRI sebagai bentuk penghargaan yang setinggi-tingginya dari pemerintah.
    2. Menciptakan Kegiatan-kegiatan yang bersifat penghargaan bagi para Veteran dan Purnawirawan TNI / POLRI
  1. Di Bidang Pengawasan dan Pengamanan Pancasila dan UUD 1945
    1. Mengawasi perubahan perundang-undangan yang ditetapkan oleh pemerintah.
    2. Menjaga Pancasila dan butir-butir Pancasila dari perubahan yang tidak sesuai dengan UUD 1945.
  1. Di Bidang Perekonomian, Perdagangan
    1. Membantu pemerintah menjalankan program-program perekonomian dan menerapkan dalam kehidupan masyarakat sehingga diharapkan mampu meningkatkan perekonomian masyarakat kecil, dan menegah.
    2. Sebagai Mitra Pemerintah dalam pengawasan perdagangan Bebas yang mengakibatkan lumpuhnya perdagangan masyarakat bawah dalam negeri.
  1. Di Bidang Pertahanan, Keamanan dan Bela Negara
    1. Bekerjasama dengan Pihak Pemerintah, TNI dan POLRI untuk memberikan sarana dan prasana latihan-latihan semi militer untuk mewujudkan mental yang berani, tegas dan disiplin.
    2. Menyalurkan bakat-bakat Pemuda yang berjiwa patriot untuk bergabung dalam kesatuan TNI maupun POLRI sesuai dengan kemampuan, dan kriteria yang telah ditetapkan oleh pihak TNI dan POLRI
    3. Membentuk Kesatuan Komando sebagai barisan terdepan dalam membela Negara dan bangsa guna mempertahankan kestabilan Nasional.
  1. Di Bidang Penanggulangan Bencana (Search And Rescue)
    1. Bersama-sama dengan pemerintah dalam mengatasi terjadinya bencana alam.
    2. Memberikan pertolongan dan bantuan kepada daerah yang terkena Musibah Bencana Alam.